Senin, 29 November 2021, Senin, November 29, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-28T17:10:10Z
Berita DaerahKeagamaan

Pembangunan Pura Pengelukatan dari Film Pangapti 1963 Rampung, dan akan Diresmikan Bupati Way Kanan dan Dirjen Bimas Hindu RI


Way Kanan, BeritaIndoTerkini.Com-PHDI Kab. Way Kanan bersama DPK PERADAH INDONESIA Kab Way Kanan melaksakan monitoring/kunjungan kesiapan terkait kegiatan  peresmian pura tersebut di dusun karang sari desa karang agung kecamatan pakuan ratu way kanan.Minggu,(28/11/2021)


Kunjungan Yang dilaksanakan oleh  Pengurus PHDI Kabupaten Way Kanan yg terdiri dari Pak Nyoman Karinu (Ketua), I Gede Budi Artana (Sekretaris), Ketut Mutiara (Bendahara) dan ketua perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Way Kanan Komang Wardiasa.


KWD sapaan akrabnya Menyampaikan koordinasi ini dilakukan agar persiapan dapat dilakukan sebaik mungkin sehingga acara dapat terlaksana sesuai dengan harapan.



Ketua DPK Peradah Ini juga Menjelaskan Tentang Sejarah singkat tentang  pembangunan pura  tersebut di ceritakan dalam sebuah Film dokumenter berjudul Pangapti (1963) yang sempat viral pada akhir tahun 2020, telah berhasil menarik simpati publik melalui gerakan donasi pembangunan pura penglukatan. Penggagas sekaligus produser film Pangapti, Andre Nuaba mengungkapkan bahwa pembangunan penglukatan tersebut merupakan hasil dari gotong royong publik yang digerakkan berdua melalui sosial media bersama MD. Astrama yang merupakan editor dalam produksi Pangpti.



Nama Penglukatan memiliki makna dan filosofi yang digali dari sejarah berdirinya Pura Ulunswi di Karang Agung. manca = lima, tirtha = air suci, pemunah = penghapus, papa = dosa/kesalahan.


“Artinya lima sumber air suci yang diharapkan mampu menghapus dosa atau menuntun kita agar terhindar dari perbuatan adharma. Ketika lima sumber air suci ini bertemu menjadi satu ia menjadi simbol kehidupan yang dimanfaatkan umat Hindu sekitar sebagai sumber pengairan pertiwi salah satunya untuk pertanian, sesuai dengan fungsi Pura Ulunswi.


Selain Itu Ia Juga Menyampaikan Bahwa 100% pembangunan Penglukatan Manca Tirtha Pamunah Papa Pura Ulunswi ini merupakan hasil gotong royong masyarakat dari berbagai provinsi di Indonesia melalui platform sosial media.


Penglukatan Manca Tirtha yang kini sudah rampung dibangun, dijadwalkan akan diresmikan oleh Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya dan Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Tri Handoko Seto. Jadi akan ada dua acara, pertama tanggal 30 November 2021 akan dilakukan peresmian secara skalanya oleh Bupati Way Kanan dan Dirjen Bimas Hindu, dan ritual agamanya atau melaspas akan dilakukan pada tanggal 04 Desember 2021.



Dalam kesempatan yang sama ketua PHDI Kab Way Kanan (I Nyoman Karinu) berharap, pura Pengelukatan Manca Tirtha dapat menjadi salah satu destinasi wisata religi di Way Kanan, khususnya umat Hindu. 


“Harapan kita, tidak hanya sebagai tempat beribadah bagi umat sekitar, namun juga bisa menjadi salah satu objek wisata religi khususnya bagi umat Hindu. Terlebih di sini ada tradisi ngurung merino dan nyimpen manik galih yang mungkin bisa jadi pengetahuan baru bagi umat Hindu di luar” tambah I Gede Budi Artana (sekretaris PHDI Way Kanan.


Di balik kisah panjang pembuatan film Pangapti hingga menjadi sebuah pura, editor MD. Astrama berharap pencapaiannya tersebut dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak muda daerah lainnya.


“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat yang telah turut mendukung project sosio-religi ini, harapannya ini menjadi salah satu corong inspirasi sehingga akan muncul karya-karya positif lainnya oleh anak muda di luaran sana terang.Tutupnya.


(Tim BIT)