Kamis, 09 Desember 2021, Kamis, Desember 09, 2021 WIB
Last Updated 2021-12-09T15:15:44Z
Berita DaerahBerita Daerah sosialBerita Nasional

Insinyur Unila Sosialisasi Program Study Program Profesi Di Kabupaten Way Kanan


Way Kanan, BeritaIndoTerkini.Com -  Dalam rangka Sosialisasi Pendidikan Profesi Ps. PPI UNILA Bersama Pemerintah Kabupaten Way Kanan Wakil Bupati Way Kanan Drs. Ali Rahman, M.T, Memimpin langsung rapat tersebut di Ruang Rapat Utama Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Kamis (09/12/2021)


Nampak dihadiri Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung,  Bapak Prof. Drs. Ir. Suharno, Ph.D., IPU., ASEAN Eng., Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Staf Ahli Bupati Bidang SDM, Asisten III Setdakab Way Kanan, Kepala BKPSDM Kabupaten Way Kanan, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator Dan Pengawas Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, dan para peserta Sosialisasi.


Dalam sambutannya, Wabup Ali Rahman mengatakan bahwa sesuai dengan Amanat UU Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dimana setiap orang dalam mengembangkan dirinya memerlukan pendidikan dan manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan umum. Untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan umum tersebut, salah satunya dapat dicapai dengan tersedianya SDM yang handal dan profesional yang mampu melakukan rekayasa teknik guna meningkatkan nilai tambah, daya saing, daya guna, efisien dan efektivitas anggaran, perlindungan public, kemajuan ilmu dan teknologi serta pencapaian kebudayaan dan peradaban bangsa yang tinggi.


“Pemerintah mengeluarkan UU Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran yangn memuat aturan dan standar yang berlaku dalam penyelenggaraan pendidikan keinsinyuran di Indonesia, tentu dengan tujuan meningkatkan daya saing Bangsa dan Negara dalam menggali dan memberikan nilai tambah, atas berbagai potensi yang dimiliki tanah air ini. untuk itu, Pemkab Way Kanan mendukung sepenuhnya atas dibukanya Program Study baru yakni Program Profesi Insinyur dan Fakultas Teknik Unila ini, sehingga kedepan dengan makin banyaknya lulusan insinyur kita dapat melakukan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan Pemerintahan terutama menyangkut disiplin teknik yang meliputi kebumian dan energi, rekayasa sipil dan lingkungan, industri, konservasi dan pengelolaan SDA, pertanian dan hasil pertanian, teknologi dan lain sebagainya”, Ungkap Wabup Ali Rahman memulai sambutannya.


Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan Unila telah melakukan Penandatanganan Kesepakatan bersama Peningkatan Pembangunan dalam penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Way Kanan tanggal 14 Maret 2021 melalui Tridarma Perguruan Tinggi, yang dilanjutkan pada tanggal 14 Juli 2021 dengan dilakukannya Penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang Penyelengaraan Tridarma Perguruan Tinggi Unila di Kampung Universitas Lampung Way Kanan.




“Tentunya Hal tersebut semakin meneguhkan kita semua bahwa Pemkab dan Unila terus membangun komitmen bersama guna percepatan peningkatan kualitas SDM yang ada di Way Kanan. Saya secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Unila yang telah berperan aktif untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam mencetak SDM yang mumpuni. Dimana hal tersebut terlihat dari jumlah lulusan sarjana Unila yang diterima di sejumlah Instansi yang tersebar di Kabupaten Way Kanan," Jelas Ali Rahman Wakil Bupati Way Kanan.


Sebagai informasi bahwa keterlibatan langsung Unila dalam pengembangan SDM ASN yang ada di Way Kanan juga sangatlah besar terasa, seperti Uji Kompetensi ASN dalam lelang jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator, yang kesemuanya merupakan komitmen bersama Pemda dalam meningkatkan kapasitass dan kapabilitas ASN yang ada di Kabupaten Way Kanan.

(Deka BIT)