Sabtu, 11 Desember 2021, Sabtu, Desember 11, 2021 WIB
Last Updated 2021-12-11T07:21:28Z
Berita Daerah

Yozi Rizal Lakukan Kegiatan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan


Way Kanan, BeritaIndoTerkini.Com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Lampung Yang Juga Ketua Komisi 1 DPRD Prov.Lampung Yozi Rizal Adakan Kegiatan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Bertempat di Kampung Lembasung Kec.Blambangan Umpu Kab.Way Kanan,Sabtu(11/12).



Kegiatan tersebut dihadiri oleh YOZI RIZAL Ketua Komisi I DPRD Prov. Lampung Fraksi Demokrat, ndrawati Imron, SH MH, Bidang Menkumham Prov Lampung, Melda Sulistiyowati, SH, MH, Menkumham Prov Lampung,Helmi Ibrahim, Kepala Kampung Lembasung Kec. Blambangan Umpu Kab. Way Kanan, Aparatur Kampung Lembasung Kec. Blambangan Umpu Kab. Way Kanan,Tokoh Agama, Adat, Pemuda dan Masyarakat Kec. Blambangan Umpu Kab. Way Kanan.



Dalam Sambutan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Lampung oleh YOZI RIZAL Ketua Komisi I DPRD Prov. Lampung Fraksi Demokrat Dapil 5 Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini menjelaskan arti penting dari wawasan kebangsaan Komitmen untuk menciptakan kepemerintahan yang stabil dan dinamis diwujudkan melalui upaya membangun sistem penyelenggaraan pemerintahan yang mampu mendukung pelaksanaan pembangunan untuk mencapai tujuan nasional, Di samping itu perlunya mengangkat kembali Nilai - nilai kebangsaan yang terkandung dalam konsensus dasar nasional yaitu falsafah Pancasila, Undang - Undang Dasar 1945 dan semboyan Bhineka tunggal Ika serta prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Dengan diadakannya Materi Pokok Mengacu pada deskripsi singkat, Maka pokok bahasan bahan Sosialisasi Pembinaan Ideologi pancasila Dan Wawasan Kebangsaan ini berkenaan dengan falsafah Pancasila, Undang - undang Dasar 1945, Dan semboyan Bhinekatunggallka serta prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kemudina Manfaat Berbekal hasil belajar dari Kegiatan Sosialisasi ini peserta dapat memahami arti Pancasila, UUD 1945 dan wawasan kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Tujuan dari kegiatan Pembinaan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan Dalam kaitan dengan fungsi pokoknya sebagai dasar negara, Pancasila sebagai bagian dari Pembukaan UUD 1945 mempunyai kedudukan hukum yang kuat. Kedudukan hukum Pancasila selain sebagai dasar negara juga sebagai sumber dari segala sumber hukum negara sebagaimana tercantum dalam Undang - Undang Nomor 12 Tahun 2011 Dalam hubungannya dengan UUD 1945, Pancasila menjiwai pembukaan dan Pasal - pasal UUD 1945.


Kegiatan berlangsung aman dan lancar serta tetap mematuhi Protokol Kesehatan.


(Deka)