Senin, 05 Desember 2022, Senin, Desember 05, 2022 WIB
Last Updated 2022-12-04T17:04:35Z

Gempa Berkekuatan Magnitudo 6,4 yang Mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat Tersebut Tidak Berpotensi Tsunami

 





Garut- Beritaindoterkini.com,

Dilansir dari CNN Jakarta Dan Keterangan Resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Akun Resmi Teitter menyatakan gempa berkekuatan magnitudo 6,4 yang mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Sabtu(3/12) pukul 16.49 WIB, disebabkan aktivitas lempeng Indo-Australia.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas dalam lempeng Indo-Australia (intraslab)," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/12).

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser atau strike-slip," sambung Daryono

BMKG menegaskan, gempa Garut berkekuatan magnitudo 6,4 yang mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat tersebut tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa Garut berada di darat, tepatnya 52 kilometer barat daya Kabupaten Garut.

BMKG mencatat gempa itu terjadi pukul 16.49 WIB. Titik koordinatnya berada pada 7.51 lintang selatan-107.52 bujur timur, dengan Kedalaman 118 Km.

Selain mengguncang Garut, gempa tersebut juga dirasakan di Ciamis, Kalapanunggal, Sumur, Tasik, Pamoyanan, hingga Panimbang.

Dalam situsnya, BMKG meminta masyarakat hati-hati terhadap kemungkinan gempabumi susulan yang mungkin terjadi setelah gempa berkekuatan magnitudo 6,4.


Tim BIT