Minggu, 04 Desember 2022, Minggu, Desember 04, 2022 WIB
Last Updated 2022-12-04T08:59:00Z
Berita Daerah

Wedding Day Untuk Ardiansah dan Juairiah Almi S.Pd

 


Way Kanan, Kabar Way Kanan.Com – Makna pernikahan ialah kesepakatan sumpah setia pasangan lelaki dan perempuan untuk membangun rumah tangga. Proses janji pernikahan bagi kedua pasangan juga harus sesuai dengan norma agama dan budaya. Minggu 04/12/22



Setelah acara ijab kabul usai, kedua keluarga besar mempelai umumnya mengadakan pesta syukuran pernikahan. Di Indonesia perayaan pernikahan memiliki kultur kearifan lokal masing-masing sesuai dengan adat dan budaya ataupun suku.


Pernikahan yang di laksanakan di kampung Kartajaya kecamatan negara batin kabupaten Way Kanan yang bertempat di kediaman mempelai pria, Acara pernikahan tersebut  di hadiri tokoh agama, tokoh adat, DPRD way kanan dan muda mudi serta segenap para undangan. 


Dalam acara pernikahan yang sangat berbahagia pada hari ini, Ucapan selamat yang di wakili Firman ( ketua ) dari muda mudi kampung Karta jaya kecamatan negara batin kabupaten way kanan melalui kabar way kanan mengucapkan selamat menempuh hidup baru untuk  Abang kami Ardiansah dan Juairiah Almi S.Pd semoga menjadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah serta mendapatkan keturunan yang sholeh dan sholeha serta tercapai semua cita cita dan di permudah dalam segala hal. Amin ya robbal alamin, Dan saya selaku ketua mewakili  muda mudi kampung Karta jaya mengucapkan maaf yang sebesar besar nya jika selama ini ada kata kata dan perbuatan yang kurang berkenan di hati khusus nya Abang kami Ardiansah selama bergabung dengan kami muda mudi kampung Karta jaya baik sengaja ataupun tidak sengaja, Kami mohon maaf dan kepada Allah kami mohon ampun, Sekali lagi kami ucapkan selamat menempuh hidup baru ” Pungkas nya “


Pernikahan dua hamba Allah yang saling mencintai untuk membina rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah  adalah merupakan ibadah yang mulia dan suci. Islam juga telah mengatur secara detail bagaimana proses pernikahan yang benar sesuai syariat agama tentu nya di dasari dengan rasa saling mencintai.


Dalam pernikahan juga terdapat beberapa doa yang dapat dipanjatkan sang pengantin di hari pernikahannya, seperti doa setelah akad nikah. Selain itu, para tamu yang hadir juga di anjurkan memberikan doa untuk kedua mempelai agar mendapat keberkahan serta kebahagiaan dalam pernikahannya. Doa untuk pengantin di panjatkan oleh orang-orang yang menghadiri pernikahan tersebut termasuk orang tua, keluarga, kerabat,  bahkan pemuka agama.


Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ingin memberikan ucapan selamat pada seseorang yang telah menikah, beliau membaca doa:


بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَي


“Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fi khayrin”


Artinya: “Semoga Allah memberkahimu ketika bahagia dan ketika susah, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.” (HR. Abu Daud, no. 2130).


(TIM  BIT)