Jumat, 27 Januari 2023, Jumat, Januari 27, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-27T03:03:45Z
Berita daeahBerita DaerahkriminalPolri

Akun IG Kena Hack, Yayu Suhaesti Merasa Sangat di Rugikan

 






Way Kanan - Beritaindoterkini.com,

Yayu Suhaesti, S. Pt merasa sangat dirugikan dengan adanya penyalah gunaan akun Istagramnya oleh orang tidak bertanggung jawab (Hacker) yang menimpanya mulai Jumat Pagi, 27/01/2023.


Menurut Yayu akun instagramnya yang di hack digunakan oleh si hack untuk mengirim DM kepada pertemanan yang ada di instagram, 


"Mengirim DM ke temen-temen saya melalui DM dengan modus operandi seolah-olah minta tolong transfer ke Rekening BNI 1259275236 an. Muhammad Nur dan dijanjikan akan ditransfer balik", jelas Yayu yang selain disibukkan dengan kegiatan pemerintahan juga diberi mandat untuk memimpin Kampung Bukit Gemuruh Kecamatan Way Tuba Sebagai Pj Kepala Kampung.



"Sontak pagi-pagi sudah mendapatkan pesan serta telepon dari beberapa teman yang ternyata mendapatkan DM dari akun IG dengan modus yang sama", tambah yayu.





Saat akan berusaha untuk memblokir akun tersebut, rupanya pelaku telah merubah setelan kontak, email dan password. Sehingga PJ Kepala Kampung Bukit Gemuruh tersebut tidak dapat mengakses dan mengamankan akunnya kembali.


Diduga pelaku menggunakan teknik phising yakni memancing dengan mengirimkan informasi tertentu berserta tautan untuk di klik. 


"Iya awal mendapatkan DM dari teman saya, untuk bantu vote sebuah event. Tapi ternyata dia juga kena hack," jelasnya.


Yayu juga mengingatkan apabila ada ajakan dari akun tersebut untuk meminta vote lalu klik tautan, sebaiknya diabaikan. Karena ini adalah modus operandi yang digunakan oleh pelaku.



Sekias singkat mengenai arti DM adalah singkatan dari "direct message". Arti DM adalah pesan langsung bersifat pribadi yang dikirim secara online melalui Instagram inilah yang di gunakan oleh oknum tidak bertnggung jawab tersebut.



Yayu Suhaesti berharap hal ini jangan berkepanjangan apalagi memakan korban lebih (korban hack - red) Ia segera mengambil tindakan akan berkoordinasi dengan pihak berwajib serta mengklarifikasi melaui jejaring sosialnya bahwa akun IG nya sedang di hack oleh oknum tidak bertanggung jawab,


"Jika mendapat DM dari akun ini (Yayu Suhaesti - Istagram) itu bukan saya, akun saya sedang di hack", tulisnya di akun medsos Face Book.




Tentunya dengan adanya pemanfaatan dari oknum tidak bertanggung jawab yang memakai akun nya dia sangat merasa dirugikan apalagi statusnya yang sekarang menjadi publik pigur seorang pemimpin kampung bukit gemuruh sebagai Pj Kepala Kampung.


Tim BIT.