Rabu, 24 Mei 2023, Rabu, Mei 24, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-24T04:02:33Z
Berita Daerah

Adakan Pelatihan Linmas Kepala Kampung Sumber Sari Berharap dapat Menciptakan Ketertiban Dalam Masyarakat



Way Kanan,BeritaIndoTerkini.Com-Pemerintah Kampung Sumber Sari Kecamatan Banjit mengadakan pelatihan LINMAS dan wawasan kebangsaan dengan Nara Sumber Satpol PP, Bhabinsa, Babinkamtibmas  dengan melibatkan seluruh anggota LINMAS Kampung Sumber Sari yang berasal dari seluruh dusun yang ada di Kampung Sumber Sari, Rabu(24/05/2023).



Kegiatannya yang dihadiri Babinsa SERKA.RIFI HAMDANI,BABINKANTIBMAS, BRIBKA,I DEWA GEDE WIPRA, POL-PP, HARLIN BUDIMAN & IMRONI, Kepala Kampung Sumber Sari beserta Aparatur, BPK Kampung, Serta Linmas . 


Acara ini merupakan wujud dari perhatian Pemerintah Kampung kepada LINMAS agar memiliki wawasan yang luas sehingga dapat membantu aparat dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam Masyarakat.


Pembukaan pelatihan peningkatan kapasitas Linmas oleh Iskandar , selaku Kepala Kampung Sumber Sari, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan



Menurut Iskandar Acara ini merupakan wujud dari perhatian Pemerintah Kampung kepada LINMAS agar memiliki wawasan yang luas sehingga dapat membantu aparat dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam Masyarakat.


Setelah pembukaan dan sambutan serta arahan dari Kepala Kampung selesai maka kegiatan pelatihan tersebut dilanjutkan dengan materi materi dasar. Kepala Kampung Sumber Sari , mengucapkan terimakasih kepada anggota LINMAS di Kampung Sumber Sari atas partisipasinya dalam kegiatan pelatihan tersebut.


Sementara itu Herlin Budiman Selaku Narasumber atau pelatih mengatakan,  dalam kesempatan pelatihan awal di lakukan pembekalan materi dasar dalam hal pengamanan, seperti pembelajaran pengetahuan umum tentang rambu-rambu lalu lintas,serta beberapa tanda menggunakan peluit dan gerak tangan dan baris berbaris . Sebelumnya ada penyampaian materi tentang tugas pokok serta fungsi dari linmas. Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.




Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, aman dan tentram di wilayah Kampung Sumber Sari


Adapaun Indikator suksesnya pelatihan linmas adalah :


•Meningkatnya kualitas SDM Linmas,

•Menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas,

•Meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis,

•Meningkatnya Kesiap-siagaan Satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum dan

•Meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat. Ujarnya 


Lanjutnya Kegiatan Pelatihan diakhiri dengan latihan Baris Berbaris yang gelar di Balai Kampung Sumber Sari Semoga dengan adanya pembinaan ini, Linmas Kampung Sumber Sari  jadi semakin semangat dan tangguh dalam menjalankan tugas-tugasnya di masyarakat dan mampu menciptakan keseimbangan dalam menciptakan ketertiban dan keamanan khususnya di Kampung Sumber Sari, Tutupnya 

(TIM BIT)