Senin, 08 Mei 2023, Senin, Mei 08, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-08T05:38:38Z
Bawaslu

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan Dan Kemampuan Pelaksanaan Tugas, Bawaslu Pesibar Adakan Rapat


Pesisir Barat, BeritaIndoTerkini.Com– Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Pesisir Barat menyelenggarakan kegiatan Rapat Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan Bawaslu di aula Sartika Guest House pada Senin (8/5/2023). 


Tujuan kegiatan ini adalah untuk menanamkan jiwa kepemimpinan dan kemampuan dalam pelaksanaan tugas, memberikan penguatan budaya kerja soliditas, integritas, mentalitas dan profesionalitas, serta guna peningkatan kapasitas SDM Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat. 


Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk pembinaan, penyamaan persepsi, peningkatan kapasitas dan kualitas pengawas pemilu, membangun komunikasi, pengorganisasian dan pemberian bekal dalam melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban untuk menyukseskan Pemilu 2024.


Kegiatan diikuti oleh Terundang Panwaslu Kecamatan Divisi SDM dan Datin beserta satu orang staf dan Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat dan pihak Eksternal ada dari Media. 



Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat, Heri KiswantoS.Sos.I, saat menyampaikan sambutan pada acara yang berlangsung.


Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat, menyampaikan “Visi Bawaslu menjadi lembaga pemilu yang terpercaya, kalau kita tidak dipercaya oleh masyarakat maka hasil-hasil pemilu juga tidak dipercaya, dalam perjalanan menuju kepercayaan tersebut maka kita melakukan penguatan kelembagaan, meningkatkan kapasitas, dan faham tugas kita dalam pengawasan, pencegahan dan penindakan, sehingga kita harus banyak belajar dan diskusi bersama. sehingga masyarakat percaya kepada Bawaslu dalam pengawasan sesuai dengan aturan yang ada. 


Bawaslu merupakan lembaga penyelenggara pemilu yang memiliki kewenangan kompleks mulai dari pencegahan pelanggaran, pengawasan seluruh tahapan pemilu, penanganan pelanggaran pemilu dan penyelesaian sengketa proses pemilu. Dapat diartikan bahwa Bawaslu adalah penjamin kualitas pemilu.


Heri menambahkan, kewenangan yang begitu kompleks di lembaga ini harus diimbangi dengan pengawas pemilu yang memiliki kualitas dan kapasitas yang baik. Kemampuan dan keahlian dalam penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, dan kepengawasan pemilu menjadi sebuah keniscayaan.


Bawaslu sebagai lembaga penyelenggara pemilu yang semakin besar tugas dan kewenangannya, pasti memiliki banyak tantangan yang dihadapi. Baik tantangan terkait kualitas, profesionalitas dan integritas pengawas pemilu, sistem kesekretariatan, pembinaan sumber daya manusia (SDM), peningkatan kapasitas dan kapabilitas pengawas pemilu dalam hal digitalisasi baik dari pemenuhan keterbukaan informasi publik hingga implementasi ‘green election‘.


Dalam kesempatan yang sama Anggota Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Irwansyah S.H.I menambahkan hal-hal penting terkait kelembagaan, tugas dan wewenang masing-masing Panwaslu Kecamatan. Disamping itu, disampaikan juga terkait apa-apa saja yang menjadi kewajiban Panwaslu Kecamatan. Sinergitas, koordinasi, profesionalitas, kerjasama antar jajaran Panwaslu Kecamatan.


Irwan juga menyampaikan dan menegaskan bahwa Sekretariat Panwaslu Kecamatan juga mempunyai tanggungjawab dalam melakukan tugas pengawasan di lapangan.


Irwan juga menegaskan bahwa dalam tugas pengawasan di Panwaslu Kecamatan tidak terlepas dari dukungan dan fasilitasi dari sekretariat. Baik dalam surat tugas, alat kerja dan hal-hal yang mendukung lainnya. Dia juga mengharapkan Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan harus menyamakan pemahaman dan persepsi dalam melaksanakan tugas pengawasan.


Dalam sesi sekretariat, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat, Yudi Kurniawan menyampaikan dan menegaskan kembali agar seluruh Kepala Sekretariat Kecamatan dapat mendukung kinerja Panwaslu Kecamatan lewat dukungan fasilitas. 

(Tim BIT)