Selasa, 28 Mei 2024, Selasa, Mei 28, 2024 WIB
Last Updated 2024-05-28T02:30:02Z
Daerah

Kankemenag Way Kanan Adakan Giat Pengukuran Arah Kiblat Dikampung Gunung Labuhan



WAYKANAN- BERITAINDOTERKINI.COM, Kepala Kantor Kementerian Agama Way Kanan, Masir Ibrahim, M.Pd. Didampingi Kasi Bimas Islam, M.Rofik Mas'ud S.Ag melakukan pengukuran arah kiblat di Masjid Baiturrahman, Kampung Gunung Labuhan, Kecamatan Gunung Labuhan. Senin, 27 Mei 2024.


Pengukuran arah kiblat yang diikuti staf dan pegawai KUA Gunung Labuhan bersama Kasi Bimas Islam Kankemenag Way Kanan tersebut berlangsung sukses. Gerakan sejuta Kiblat ini Tidak hanya dilakukan di waykanan saja namun se- Indonesia, mengingat intruksi Kementerian Agama RI melalui Dirjen Bimas Islam. Bahwa Matahari akan tepat berada di atas Ka’bah (Mekkah Arab Saudi_red) sehingga Hari ini, Senin, 27 Mei 2024 tepat pukul 16.18 WIB, semua  bayangan benda di permukaan bumi akan mengarah ke Ka’bah. Karena itu, ini menjadi momentum terbaik untuk menentukan dan meluruskan arah kiblat.


"Alhamdulillah pengukuran arah kiblat di Masjid Baiturrahman ini berjalan dengan lancar, agak khawatir tadi karena detik-detik pukul 16:18 cuaca mendung tetapi Qadarullah pas Pukul 16:18 WIB matahari muncul dan kembali cerah sehingga tidak ada kendala," Jelas Masir Ibrahim  Kepala Kantor Kementerian Agama Way Kanan saat dimintai keterangan. Senin, 27 Mei 2024.


Untuk pengukuran arah kiblat ini, lanjut Masir. Serentak dilakukan se-Indonesia untuk Waktu Indonesia Barat (WIB) pukul 16:18. Dan 17:18 untuk WITA. Hal ini dalam rangka hari sejuta Kiblat yang disampaikan Kementerian Agama RI.


"Sesuai intruksi Bimas Islam Kemenag RI. Jauh sebelum hari ini, Senin, 27/05/2024 kita telah melakukan sosialisasi secara masif kepada semua lapisan masyarakat guna memastikan suksesnya kegiatan ini. Beberapa upaya kita lakukan seperti membagikan link dokumentasi mengerahkan semua pegawai kemenag untuk menyampaikan hal ini kepada masyarakat,"pungkasnya.



Joni