Rabu, 22 Mei 2024, Rabu, Mei 22, 2024 WIB
Last Updated 2024-05-22T08:12:54Z
Daerah

Tertib Administrasi, Kampung Sukarame Melakukan Pembinaan Masyarakat






 Way Kanan, - Beritaindoterkini.com, Tertib Administrasi, salah satu kunci suksesnya suatu kepemimpinan. Hal tersebut menjadi landasan utama Pemerintah Kampung Sukarame, Kecamatan Gunung Labuhan, Kabupaten Way Kanan, Melakukan Pembinaan Masyarakat untuk tertib administrasi yang disampaikan Dalam Sosialisasi Tertib Administrasi Kependudukan Pemerintah Kampung, Rabu(22/05/2024).


Berlangsung di Balai Kampung setempat. Dihadiri Camat Gunung labuhan Syaidan, S.E, Dan jajarannya, dibersamai pemerintah Kampung.


Kepala Kampung Sukarame Wiwin Abidin sangat antusias menyampaikan sambutannya,  menurutnya roda pemerintahan tidak akan berjalan dengan baik jika administrasi tidak tertib. Bahkan, tidak tertib administrasi dapat menjadi ancaman bagi suatu roda pemerintahan.


"Saya harap jajaran aparatur Kampung dalam hal ini mengatensi kegiatan hari ini. Sebab, kegiatan ini merupakan urgensi dalam tabuk pemerintahan. Jika administrasi tidak tertib maka dipastikan pemerintahan akan kalang kabut, jauh dari sukses justru sebaliknya menjadi malapetaka. Meskipun kita sudah benar bekerja jika tidak ada administrasi yang tertib maka menjadi bumerang," dalam sambutannya. Rabu, 22 Mei 2024.


Sementara, Camat Gunung Labuhan.Syaidan,S.E, menghimbau agar Pemerintah Kampung melek dan faham digitalisasi. Mengingat saat ini 

semua aktivitas yang dijalankan secara digitalisasi.


"Saat ini dunia elektronik digital tanpa kertas (paperless) menjadi suatu keharusan. Kita harus imbangi ini. Jika tidak, maka akan menjadi keterbelakangan. Maka manfaatkan kecanggihan yang ada," Katanya singkat.


Bertindak sebagai narasumber. Sekretaris Kecamatan Gunung Labuhan, Joni Effendi, SE.,M.M. Menjabarkan, Tugas Pokok dan Fungsi baik secara etimologi dan terminologi, secara Umum dan Khusus peran penting Aparatur Kampung memahami tupoksi kinerja dan pelayanan masyarakat.


"Agar dapat membantu dan meringankan pekerjaan kepala kampung maka aparatur kampung seyogyanya mengerti dan memahami tugas pokok dan fungsinya, misalnya kepala dusun ya mengerti tentang pekerjaan memahami bagaimana keadaan masyarakat yang dipimpinnya,"jelas Joni. Rabu, 22/5/2024.


Tak hanya itu, lanjut Joni. Menjadi catatan, mengingat aparatur Kampung adalah ujung tombak pemerintahan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Sehingga dan terutama administrasi kependudukan mesti benar-benar valid dan terdata dengan baik.


"Aparatur Kampung itu harus selektif mengenai administrasi kependudukan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya karena ini menyangkut kepentingan pribadi dan hak masyarakat," Pungkasnya.


Joni