Rabu, 26 Juni 2024, Rabu, Juni 26, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-26T09:57:52Z
Daerah

220 Kades di Way kanan Terima SK Pengukuhan Perpanjangan Masa Jabatan, Bupati Pesan Begini

 


Way Kanan - Beritaindoterkini.com,

Sebanyak 220 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung terima Surat Keputusan (SK) perpanjangan masa jabatan dua tahun dari Bupati  Way Kanan  H.Raden Adipati Surya S.H., M.M, Rabu (26/6/2024).


Dengan demikian masa jabatan dari ke -220 Kades tersebut yang semula enam tahun menjadi delapan tahun.


Penyerahan SK dilakukan di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Way kanan


Turut menyaksikan Sekda Kabupaten Way kanan, Ketua DPRD Way kanan, Wakapolres Way kanan, Dandim 0427 Way kanan, dan  juga sejumlah Kepala OPD terkait.


“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Way kanan, saya mengucapkan selamat kepada para Kepala Desa yang hari ini menerima SK pengukuhan perpanjangan masa jabatan. Semoga dengan SK perpanjangan ini menjadi sebuah keberlanjutan pengabdian dari para Kades kepada bangsa, negara dan warga masyarakat desa pada khususnya,'' Ucap Bupati 


Ditegaskan, Pemerintah Desa mempunyai kedudukan dan peran sangat penting sebagai unsur Garda terdepan yang harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, efektif, dan efisien.


Selain itu juga dituntut untuk lebih aspiratif, kreatif, inovatif dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi serta kondisi dalam kehidupan masyarakat.


Bupati juga meminta agar Kepala Desa  mampu memberdayakan sumber daya yang ada.


“Yakni mampu memanfaatkan, mengeksplorasi dan mengelola potensi sumber daya alam serta sumber daya manusia yang dimiliki. Sekaligus kreatif serta inovatif mengembangkan potensi kearifan lokal menjadi sumber ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat,” tandasnya 


Meskipun desa memiliki kewenangan masing-masing dalam mengatur pemerintahannya. Bupati minta tetap harus disinergikan dengan program pemerintah baik pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten.


Untuk itu Bupati mengajak para Kepala Desa untuk segera melaksanakan review RPJMDes, yang memuat kebijakan dan program selama 2 (Dua) tahun. Tentunya melibatkan lembaga kemasyarakatan, serta disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan.


Berkaitan dengan penyelenggaraan pembangunan, Bupati menyampaikan beberapa arahannya kepada para Kepala Desa untuk dapat dilaksanakan dalam masa 2 (Dua) tahun ini.


Pertama, segera lakukan koordinasi antar kepala desa, seluruh perangkat desa, dan masyarakat, harmonisasi dan sinkronisasi program serta melakukan kerja tim. Dengan penambahan masa jabatan ini apa yang menjadi mimpi di desanya masing-masing bisa diselesaikan.


Kedua, terkait dengan isu utama pengentasan kemiskinan, stunting dan juga terkait dengan anak tidak sekolah, para Kepala Desa membuat program-program rehab rumah warga miskin, jambanisasi (perbaikan sanitasi) dan upaya-upaya pencegahan dan penurunan angka stunting.


"Tolong kami titip bisa terus dikoordinasikan dan lanjutkan dana desa dengan baik dan transparan, serta hindari korupsi,” pesan Bupati.


Selanjutnya, Bupati Adipati Surya juga minta agar anggaran desa dilaksanakan dengan transparan sesuai dengan asas kemanfaatan baik itu PR infrastruktur di desanya. Juga program pemberdayaan sesuai karakteristik desanya masing.masing. Terkait dengan Badan Permusyawaratan Desa untuk segera dilakukan koordinasi "pungkasnya


Tim